Cara dan Syarat Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

  • Whatsapp
Cara Membuat SIUP

Cara Membuat SIUP : Syarat Administrasi Daftar Surat Izin Usaha Perdagangan – Setiap kegiatan usaha perdagangan wajib memiliki SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Hal tersebut sesuai dengan keputusan mengenai surat izin usaha, Anda bisa membaca informasi SIUP.

Para pemilik usaha perdangan harus melegalkan atau mengesahkan usaha
perdangan yang dijalankan dimata hukum. Caranya yaitu dengan mendaftarkan usaha dan mendapatkan izin untuk usaha perdagangan.

SIUP menjadi dokumen yang sangat penting baik bagi usaha perorangan atau badan usaha. Surat izin ini bukan hanya ditujukan untuk usaha dalam skala besar, melainkan usaha dengan skala kecil juga sangat dianjurkan untuk memiliki SIUP. Lalu Bagaimana Cara Membuat SIUP dan Apa saya Persayaratan Membuat Surat izin Usaha Perdagangan.

Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan

Dalam pembuatan surat perizinan perdangan, Ada beberapa jenis SIUP dan berbagai syarat yang harus dilakukan untuk membuat surat perizinan usaha. Berikut ini informasi dan penjelasan mengenai Surat Izin Usaha agar anda lebih mengenal mengenai perizinan usaha, Mulai dari jenis – jenis, persyaratan dan cara mendapapatkan SIUP.

[toc]

Jenis – Jenis Surat Izin Usaha Perdagangan

SIUP sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, Pembagian tersebut berdasarkan modal yang digunakan pemilik usaha untuk menjalankan usahanya. Pembagijan jenis Surat Izin Usaha Yaitu :

  1. SIUP Kecil, Surat izin jenis ini dikeluarkan dengan modal yang disetor dan kekayaan bersih dibawah Rp. 200 juta dengan ketentuan di luar tanah dan bangunan.
  2. SIUP Menengah, Surat izin jenis ini dikeluarkan dengan modal yang disetor dan kekayaan bersih dibawah Rp. 200 juta – Rp. 500 juta dengan ketentuan di luar tanah dan bangunan.
  3. SIUP Besar, Surat izin jenis ini dikeluarkan dengan modal yang disetor dan kekayaan bersih diatas Rp. 500 juta dengan ketentuan di luar tanah dan bangunan.

Syarat – Syarat Administrasi Permohonan Pembuatan SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )

Sebelum anda melakukan pembuatan atau permohonan SIUP, Anda harus mempersiapkan syarat – syarat administrasi untuk pembuatan surat izin usaha. Dokumen dan syarat – syarat syarat permohanan SIUP berbeda sesuai jenis usaha yang dijalankan.

Baca Juga : Cara dan Syarat Membuat NPWP

1. SIUP Untuk Perseroan Terbatas (PT)

Berikut adalah beberapa Persyaratan Administrasi Dalam Membuat SIUP untuk PT. Berikut Persyaratan Membuat SIUP :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik / Penanggung Jawab Perusahaan
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) jika penanggung jawabnya seorang perempuan
  3. Fotokopi NPWP
  4. Surat Keterangan Domisili atau SITU
  5. Fotokopi Akta Pendirian PT yang disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM.
  6. Fotokopi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum dari Menteri Hukum dan HAM
  7. Surat Izin Gangguan (HO)
  8. Izin Prinsip
  9. Neraca perusahaan
  10. Pasfoto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  11. Materai Rp6.000
  12. Izin teknis dari instansi terkait jika diminta

2. SIUP Untuk Koperasi

Berikut adalah beberapa Persyaratan Administrasi Dalam Membuat SIUP untuk Koperasi. Berikut Persyaratan Membuat SIUP :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas Koperasi
  2. Fotokopi NPWP
  3. Fotokopi Akta Pendirian Koperasi yang telah disahkan instansi berwenang
  4. Daftar susunan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas
  5. Fotokopi SITU dari Pemerintah Daerah (Pemda)
  6. Neraca koperasi
  7. Materai senilai Rp6.000
  8. Pasfoto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  9. Izin lain yang terkait (Misalnya jika usaha Anda menghasilkan limbah, Anda harus memiliki izin AMDAL dari Badan pengendalian Dampak Lingkungan Daerah) setempat

3. SIUP Untuk Perusahaan Perseorangan

Berikut adalah beberapa Persyaratan Administrasi Dalam Membuat SIUP untuk Perusahaan Perorangan. Berikut Persyaratan Membuat SIUP :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemegang saham perusahaan
  2. Fotokopi NPWP
  3. Surat keterangan domisili atau SITU
  4. Neraca perusahaan
  5. Materai senilai Rp6.000
  6. Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar).
  7. Izin lain yang terkait usaha yang dijalankan.

4. SIUP Untuk Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)

Berikut adalah beberapa Persyaratan Administrasi Dalam Membuat SIUP untuk Perseroan Terbuka (Tbk). Berikut Persyaratan Membuat SIUP :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan
  2. Fotokopi SIUP sebelum menjadi perseroan terbuka
  3. Fotokopi Akta Notaris Pendirian dan Perubahan perusahaan dan surat persetujuan status perseroan tertutup menjadi perseroan terbuka dari Departemen Hukum dan HAM
  4. Surat keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal bahwa perusahaan yang bersangkutan telah melakukan penawaran umum secara luas dan terbuka
  5. Fotokopi Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan (STP-LKTP) tahun buku terakhir
  6. Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)

Jika tempat usaha milik anda merupakan milik orang lain atau milik sendiri anda harus menyiapkan Surat Izin Pemilik sebagai bukti ketidak keberatan penggunaan tanah/bangunan untuk tempat usaha.

Surat izin itu harus ditandatangani di atas materai sebagai bukti bahwa terdapat perjanjian sewa-menyewa antara dan pelaku usaha. pemilik tempat.

Prosedur Permohonan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdangan (SIUP)

Setelah anda telah melengkapi dokumen persyaratan untuk permohonan pembuatan surat izin usaha anda bisa melakukan pembuatan SIUP dengan mendatangi Kantor Dinas Perdagangan di tingkat kabupaten. Berikut Cara Membuat SIUP dan Prosedur Permohonan SIUP.

1. Mengambil Formulir Pendaftaran SIUP

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran permohonan surat izin usaha perdagangan anda bisa datang mendatangi Kantor Dinas Perdagangan atau anda bisa mendatangi Kantor Pelayanan Perizinan setempat untuk dapat mengambil formulir pengajuan permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

2. Mengisi Formulir Pendaftaran Surat Izin Usaha

Setelah anda mengambil dan mendapatkan formulir pendaftaran SIUP, anda bisa mengisi formulir tersebut secara lengkap dan benar sesuai. Setelah semua form terisi dengan benar anda dapat menandatangani formulir tersebut di atas materai Rp6.000 .

Formulir ini hanya bisa ditandatangani oleh pemilik/penanggung jawab perusahaan tersebut. Setelah pengisian form selesai, lakukan fotokopi formulir permohonan perizinan usaha tersebut sebanyak 2 rangkap dan gabungkan formulir sesuai dengan syarat administrasi pembuatan SIUP diatas tadi.

3. Pembayaran Biaya Pembuatan SIUP

Setelah langkah kesatu dan kedua telah anda lakukan, Kamu harus melakukan pembayaran biaya pembuatan surat izin usaha perdanganan. Biaya pembuatan SIUP setiap regional berbeda, dan telah diatur oleh Peraturan Daerah di masing-masing wilayah.

4. Pengambilan SIUP

Proses permohonan SIUP kurang lebih dua minggu setelah melakukan permohonan, Anda nantinya akan dihubungi oleh pihak terkait yang memberitahukan mengenai SIUP perusahaan Anda telah selesai dan siap untuk diambil.

Kesimpulan :

Itulah prosedur dan cara membuat SIUP dan syarat dalam pembuatan surat izin usaha perdagangan. SIUP wajib dimiliki oleh pemilik usaha agar usahanya legal dan terdaftar secara legal oleh pemerintah, Sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan karena tidak memiliki SIUP.

Pos terkait