Cara Menabung Buat Nikah dengan Gaji 3 Juta

  • Whatsapp
Cara Menabung Buat Nikah
Cara Menabung Buat Nikah

Cara Menabung Untuk nikah, Agar Cepat Dilangsungkan

Cara Menabung Buat Nikah : Tips Cepat Menabung Biaya Nikah 3 Juta – Cara menabung buat nikah dengan gaji 2 – 3 juta – Siapa yang tidak mau melakukan resepsi pernikahan yang berkesan dan terkesan sakral.

Menikah menjadi momen yang sangat spesial dan paling banyak dinantikan setiap orang. Tapi untuk melaksanakan acara pernikahan biayanya tidak sedikit. sehingaa Anda harus merencankan cara menabung untuk menikah tepat

Muat Lebih

Maka dari itu, Untuk mempersiapkan dana dalam momen spesial seharusnya sudah direncanakan dan dikumpulkan jauh – jauh hari. Agar keuangan anda tidak jebol setelah melakukan acara pernikahan. Itulah mengapa pengelolaan keuangan sangat penting.

Namun, untuk mengumpulkan biaya tidak mudah. Karena tidak tahu bagaimana mengelola keuangannya. Berikut Cara Menabung buat nikah: 

Cara Mudah Menabung Untuk Biaya Pernikahan

Tips Menabung Cepat Untuk Nikah
Tips Menabung Cepat Untuk Nikah

1. Menabung Melalui Tabungan Berjangka

Umumnya untuk mempersiapkan biaya acara pernikahan dibutuhkan waktu 2 sampai 3 tahun. Maka sebaiknya anda memilih menabung melalui tabungan janka panjang. Saat ini, banyak bank memliki fasilitas tabungan jangka panjang.

Dengan menggunakan cara menabung ini, anda tidak akan bisa mengambil/mencairkan uang yang tabung sebelum jangka waktu tabungan yang ditentukan belum selesai. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah mengelola keuangaan anda untuk acara pernikahan nantinya.

Manfaat lain dari menabung dengan cara ini, Anda bisa lebih tertarget dan disiplin dalam mengumpulkan uang. Bahkan jenis tabungan ini memiliki biaya administrasi yang tidak besar, Namun mendapatkan bunga dari tabungan yang disimpan.

2. Membuat Anggaran Pernikahan

Sebaiknya anda sudah merencanakan anggaran untuk pernikahan yang akan dilaksanakan. Dengan begitu anda bisa lebih mudah dalam menentukan keuangan dan tabungan untuk acara pernikahan.

Buatlah list atau daftar anggaran yang dibutuhkan secara realistis, Tapi ingat anggaran yang dikeluarkan untuk acara pernikahan harus sesuai kemampuan keuangan anda.

Jangan biarkan kebahagian setelah acara pernikahan menjadi terganggu karena harus memikirkan melunasi tagihan yang muncul karena tidak sesuai yang direncanakan

3. Menabung Dalam Jumlah Yang Tepat

Setelah menentukan anggaran yang akan dikeluarkan, anda sebaiknya menentukan jumlah tabungan yang harus ditabung dan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Anda harus menentukan berapa uang yang harus disisihkan dari gaji anda, Menabung untuk menikah sebaiknya menyisahkan 20% – 30% gaji anda setiap bulan. Jika memang memungkinkan anda bisa menabung bersama pasangan anda. Hal ini akan membat anda lebih mudah mengelola keuangan anda untuk melangsungkan acara pernikahan nantinya.

Studi Kasus :
Misal Gaji Anda dalam sebulan 3 juta, Anda menyisahkan 20% dari gaji anda. Maka tabungan yang dihasilkan 7,2 juta dalam setahun.
Jika ditambah lagi uang tabungan dari pasangan anda dengan gaji yang sama dan penyisihan yang sama.

Maka :
7,2 juta x 2 orang = 14,4 juta/tahun
14,4 x 2 tahun = 28,8 juta (Jika 2 tahun)
14,4 x 3 tahun = 43,2 juta (jika 3 tahun)

Dari studi kasus diatas hanya dengan menyisahkan uang sekian persen saja anda sudah siap melangsungkan pernikahan. Dengan acara pernikahan yang sederhana uang tersebut memiliki nilai yang sangat bersar.

4. Rencanakan Acara Pernikahan Sesuai Budget Tabungan

Jangan karena ingin acara terlihat mewah anda memaksakan untuk membuat pernikahan anda sempurna. Sebaiknya rencanakan acara pernikahan sesuai budget anggaran yang telah ditentukan.

Rencanakan apa saja yang dibutuhkan dalam acara pernikahan anda, yang pastinya sesuai dengan budget tabungan keuangan anda. Misal Penyewaan baju pengantin, Foto Pre-Wedding, Catering, Souvenir, Cetak Undangan, Dll.

Dengan merencanakan acara pernikahan yang sesuai tabungan pernikahan, Anda dapat lebih mengontrol keuangan anda, dan pastinya anda dapat mencover pengeluaran yang tidak terencana.

5. Sewa Baju Yang Sesuai

Arian sesuai diatas yaitu menyewa baju pengantin yang sederhana tapi terlihat spesial. Jangan menyewa baju yang terlalu mewah, karena semakin mewah kemungkinan biaya sewa semkain tinggi.

Cukup pakai baju yang sederhana dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Anda dan pasangan anda harus pintar – pintar dalam melakukan fiting baju yang nantinya akan dipakai. Sesuaikan dengan budget yang ditentukan untuk sewa baju anda. Sehingga anda tidak terlalu banyak menghabiskan tabungan pernikahan hanya untuk menyewa baju yang mahal.

6. Tim Wedding Organizer Dari Keluarga dan Teman 

Daripada harus menyewa Wedding Organizer, Sebaiknya anda meminta bantuan pada sanak saudara dan teman terdekat anda. Dengan menggunakan WO dari keluarga dan teman budget yang dikeluarkan lebih kecil.

Namun, Sebaiknya anda memilih tim yang dapat bekerja dengan profesional agar acara pernikahan anda berjalan lancar dan sukses. Tentukan dari tugas dari setiap tim WO anda, Misal ada tim yang bertugas mengatur masalah catering, tempat pernikahan, tamu undangan, dll. 

7. Foto Pre-Wedding Yang Serhana

Tak perlu banyak mengeluarkan budget tabungan nikah untuk foto pre-wedding, karena foto pre-wedding tidak terlalu penting. Jika ingin melakukan foto pre-wedding sebaiknya buatlah foto pre-weeding yang sederhana. Kamu bisa mengunjungi destinasi wisata terbaik atau spot foto diadaerah kamu untuk pengambilan foto prewedding.

Jika anda mempunya keluarga atau teman yang ahli dalam fotografi, adna dapat meminta bantuan untuk pemotretan foto pre-wedding. hal ini akan lebih memotong pengeluaran budget untuk sesi ini.

8. Jumlah Tamu Undangan Yang Sesuai

Jumlah tamu yang sesuai tentunya tidak terlalu banyak, Cukup undanglah keluarga dan teman dekat. Hal ini akan memperkecil biaya pernikahan yang harus dikeluarkan. Semakin banyak tamu undangan semakin tinggi pula budget yang harus  di keluarkan.

9. Meminimalkan Pengeluaran Budget Untuk Konsumsi Tamu Undangan

Tentukan konsumsi yang diberikan pada para tamu undangan, makanan
dan kue apa yang dihidangkan dan disiapkan. jika anda menggunakan jasa catering anda harus pandai dalam bernegoisasi dan menentukan menu. Yang pastinya untuk budget sesuai dengan anggaran yang ditentukan dan sesuai tabungan nikah anda.

 Jika anda hidup didaerah pedesaan, anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk acara pernikahan, karena tak harus menyewa jasa catering untuk konsumsi tamu undangan. Anda bisa menyiapkan konsumsi yang anda sediakan sendiri.

10. Souvenir Sederhana Mengesankan

Untuk souvenir sebaiknya pilihlah souvenir yang sederhana tapi sangat mengesankan yang pastinya tidak terlalu mahal. Saat ini banyak sekali industri rumah tangga yang membuat souvenir pernikahan, cobalah cari tahu mengenai souvenir yang akan digunakan pada acara pernikahan dan budget yang harus dikeluarkan.

Itulah beberapa langkah – langka atau cara menabung untuk nikah. Persiapkan keuangan yang mapan untuk momen spesial dihari pernikahan anda nantinya.

Pos terkait