Cara Mengatasi Anak Ngompol agar Tidak Ngompol Lagi

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Anak Ngompol

Mengatasi Anak Ngompol : Penyebab, Tips dan Cara agar Tidak Ngompol Lagi – Ngompol pada anak menjadi salah satu masalah, Terutama anak yang sudah besar tapi masih ngompol. Banyak cara mengatasi anak ngompol yang cukup ampuh agar sang anak tidak ngompol lagi.

Menurut beberapa penelitian hanya sekitar 15% anak-anak masih ngompol pada usia mereka 5 tahun, Dan kurang dari 5% anak-anak masih ngompol di usia 8 hingga 11.

Penyebab anak mengompol

Banyak penyebab ngompol pada anak, Walaupun ngompol pada anak adalah wajar, Para orang tua harus mengetahui, sebenarnya apa sih penyebab anak ngompol?

  • Sang anak masih belum bisa menahan buang air sepanjang malam
  • Perkembangan kantung kandung kemihnya terlambat, Sehingga anak ngompol karena tidak bisa menampung dengan banyak.
  • Sang anak tidak terbangun ketika kandung kemihnya penuh.
  • Kebiasaan anak menahan buang air di siang hari atau sore hari.
  • Adanya gangguan komunikasi antara otak dan kandung kemih.
  • Munculnya perasaan tertekan, khawatir, atau cemas

Itulah beberapa penyebab anak bisa mengalami kompol, Faktor keturunan dan Psikologis sang anak juga menjadi salah satu penyebab anak mengalami ngompol walaupun sudah menginjak usia yang besar.

Bagaimana cara mengatasi anak sering ngompol?

mengatasi anak sering ngompol

Dalam mengatasi masalah ini orang tua juga harus turut andil dalam pencegahan dan mengatasi agar sang anak tidak ngompol lagi. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak ngompol di malam hari?

1. Beri pengertian dan bicara pada anak

Cara terbaik megatasi anak ngompol yaitu dengan memberinya pengertian dan bicara baik – baik pada anak. Berikan pengertian bahwa tindakan ngompol hal memalukan dan tidak baik. Dengan begitu, anak akan tertantang dan berusaha membuktikan bahwa dirinya sudah besar.

Jangan sesekali memarahi anak ketika ngompol, Hal tersebut tidak baik bagi psikologis sang anak. Sebaiknya beri pengertian dan bicara dengan baik – baik.

2. Buang air kecil sebelum tidur

Cara mengatasi anak ngompol yang sederhana yaitu dengan mengusahakan agar sang anak buang air kecil sebelum tidur. buang air kecil sebelum tidur sangat ampuh dalam mengatasi masalah ngompol pada anak.

Latih anak untuk terbiasa buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur dan usahakan sebelum jam tidur bagi anak untuk buang air kecil agar kantung kemih anak kosong.

3. Melatih agar terbiasa buang air kecil di malam hari

Membiasakan anak agar terbiasa buang air kecil dimalam hari, menjadi salah satu cara mengatasi anak ngompol yang bisa orang tua lakukan.
Caranya yaitu bisa dengan minum satu gelas air putih menjelang tidur. Setelah beberapa jam anak tertidur, Bangunkan dan minta ia untuk pergi ke toilet untuk buang air kecil.

Cara ini bisa digunakan agar sang anak terlatih dan terbiasa buang air kecil di malam hari. Dengan begitu masalah ngompol anak bisa teratasi dengan mudah.

4. Pastikan kebutuhan cairan anak terpenuhi

Jangan sampai mengurangi asupain cairan untuk anak, Hal tersebut bukan cara mengatasi anak ngompol. Sebaiknya orang tua meningkatkan asupan cairan anak pada siang hari dan membatasi minum anak pada malam hari.

Dan jangan berikan minuman yang mengandung kafein, minuman bersoda, dan minuman yang mengandung cokelat dan tentunya jenis mekanan. Hal tersebut membuat membuat anak lebih sering ingin pipis. Berilah minum air putih yang memiliki banyak manfaat, Salahsatu manfaat air putih.

5. Jangan biarkan anak menahan buang air

Sesuai disebutkan diatas tadi mengenai penyebab anak ngompol yaitu menahan buang air disiang atau sore hari. Maka dari itu jangan biarkan anak menahan buang air.

Perhatikan juga berapa kali anak ke toilet dalam sehari, Normalnya anak pergi ketoilet 4-7 kali dalam sehari. Dan selalu tanyakan apakah sang anak ingin buang air kecil atau tidak.

Itulah beberapa Cara mengatasi anak ngompol yang bisa anda lakukan, Dan perlu diingat, jangan sesekali marah ketika anak ngompol.

Pos terkait