6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  • Whatsapp
Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi Anak Susah Makan : Cara Anak Mau Makan Sayur Lahap – atasi anak susah makan gampang gampang susah, Ketika anak mengalami susah makan,para orang tua akan merasa khawatir dan mencari cara agar anaknya bisa makan. kebanyakan anak yang mengalami susah makan berusia sekitar 3 – 5 tahun.

anak yang mengalami susah makan terkadang disebabkan karena menu makan yang tidak disukainya atau nafsu makan turun yang disebabkan karena sakit atau penyebab lainnya.

Salahsatu yang yang mebuat nafsu makan anak turun adalah menu makanan, Menu makanan yang dihindari oleh anak kebanyakan adalah makanan yang terdapat sayuran didalamnya, Maka dari itu orang tua harus mengerti nafsu makan anak agar anak tidak susah makan. Berikut cara mengatasi anak susah makan.

Mengatasi Anak Susah Makan
Makanan Dengan Hiasan Menarik

1. Menghias Dan Menyajikan Makanan Secara Menarik

Makanan yang menarik bagi anak akan meningkatkan nafsu makan, Itulah mengapa menghias dan menyajikan makanan secara menarik menjadi solusi mengatasi anak yang susah makan.

Menyajikan makanan secara menarik bisa dengan cara menghias makanan tersebut dengan berbagai ide kreatif seperti menyajikan makanan dalam bentuk hewan, Menghiasnya dengan saus, mayonaise, keju, dll.

Hal tersebut akan membantu meningkatkan nafsu makan sang anak, Orang tua juga harus punya ide agar sang anak juga makan sayuran yang menjadi pendamping makanan tersebut.

2. Variasikan Menu Makanan Anak

Bosan pada menu makanan yang diberikan menjadi salah satu penyebab anak susah makan, Untuk mengatasi hal tersebut para ibu sebaiknya melakukan variasi pada menu makanan yang diberikan. Tentunya kreatifitas orang tua dalam membuat menu makanan sangat diperlukan.

Pastikan ketika melakukan variasi menu makanan, Sebaiknya makanan yang anda buat mengandung makanan yang disukai anak. Hal tersebut akan membantu anak untuk meningkatkan nafsu makan.

3. Membuat Daftar Makanan Kesukaan Anak

Solusi anak susah makan yaitu dengan membuat daftar makanan kesukaan anak. Membuat daftar makanan kesukaan dapat membantu orang tua apa saja makanan yang disukai sang anak. Tentunya makanan yang disukai anak akan membuat nafsu makannya tinggi.

Jika orang tua tidak mengetahui makanan apa saja disukai oleh anak, cobalah melihat dari menu makanan atau variasi makanan yang anda sajikan. Makanan mana yang menurut anda disukai dan membuat nafsu anak meningkat. namun jangan berikan menu makanan yang sama setiap hari, hal ini akan menimbulkan kebosanan.

4. Beri Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Mengatasi Anak Susah Makan
Vitamin nafsu makan

Vitamin penambah nafsu makan anak menjadi solusi orang tua untuk mengatasi anak yang susah makan. Sekarang banyak sekali tersedia vitamin nafsu makan yang tentunya berfungsi untuk menambah nafsu makan sang anak.

Vitamin penambah nafsu makan banyak tersedia di apaotek, minimarket maupun super market atau yang lainnya. Dengan mengkonsumsi vitamin, nafsu makan anak akan membantu anda dalam atasi anak susah makan.

5. Menyajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

Selera makan anak tentunya berbeda – beda, Maka dari itu sebaiknya para orang tua dapat menyajikan makanan dalam porsi kecil. Jika porsi yang diberikan berlebihan maka tentunya kurang baik.

Berikan porsi kecil, Ketika habis maka cobalah untuk menanyakan apakah mau menambah makan atau berganti menu makanan. Hal tersebut dapat membantu dalam mengatasi anak yang susah makan.

6. Jangan Memaksa Nafsu Makan Anak

Perlu diketahui, Jangan sesekali memaksakan nafsu makan dan selera makan anak. Hal tersebut kurang baik, Jika anak susah untuk makan cobalah bertanya mengenai penyebab anak anda susah makan.

Orang tua harus sabar dan tenang dalam menghadapi anak yang susah makan, Berikan juga pengertian bahwa apa yang dilakukan tersebut adalah salah dan kurang baik. Memaksa si kecil baik dari nafsu makan atau selera makan akan meninggalkan kesan buruk tentang makanan di benaknya.

Itulah beberapa cara mengatasi anak susaha makan yang bisa diterapkan dan menjadi solusi mengenai anak yang susah makan.

Pos terkait