Cara Mengatur Keuangan Usaha

  • Whatsapp
Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Cara Mengelola Keuangan Bisnis Agar Usaha Berjalan Baik

Cara Mengatur Keuangan Usaha dan Mengelola Keuangan Bisnis Sederhana – Mengetahui Cara mengatur keuangan usaha yang baik menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, terutama bagi anda yang baru masuk pada dunia bisnis. Hal ini agar bisnis yang dijalankan berkembang dengan baik dan tidak mengelami kerugian.

Saat ini banyak sekali pebisnis yang masih minim pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan bisnis. Padahal bisnis selalu berhubungan dengan finansial atau keuangan, Itulah mengapa saat ini tidak sedikit orang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya karena salah dalam strategi bisnis yang di jalankan. Berikut beberapa cara cara mengatur keuangan usaha mengelola keuangan bisnis.

Muat Lebih

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Usaha Secara Efektif Bagi Pemula

1. Membuat Laporan Keuangan

Untuk mengatur keuangan usaha diperlukan sebuah laporan keuangan, laporan keuangan bisa dengan membuat pembukuan keuangan. Laporan keuangan birisi tentang informasi keuangan pada bisnis anda, seperti 
laba – rugi maupun neraca.

Dengan adanya pembukuan keuangan anda lebih mudah mengontrol arus keuangan pada bisnis yang anda jalankan. Bukan hanya itu, dengan ada laporan keuangan anda dapat lebih mudah untuk mengevaluasi dan mengembangkan bisnis anda.

2. Putaran Arus Kas

Arus kas sendiri merupakan uang yang bergerak (mengalir) masuk dan keluar dari bisnis Anda dalam satu periode/sebulan. Maka dari itu pengelolaan putaran arus kas harus diperhatikan. 

Perhatikan Bagaimana cara mengelola arus kas yang tepat dan penerapan yang sesuai pada bisnis anda. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada masalah pada arus kas pada bisnis anda

Beberapa pebisnis pemula sering mengalami kesulitan dalam kas, walaupun laporan atau catatan akuntansi mereka dalam keadaan yang baik. Sehingga Ketrampilan dalam melakukan putaran pada kas sangat dibutuhkan.

3. Mengurangi Resiko Hutang

Salah satu hal yang termasuk dalam Mengatur keuangan bisnis adalah masalah utang. Dalam menjalankan bisnis, melakukan peminjaman uang atau utang memang diperbolehkan. Namun, Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan cara tersebut untuk mengembangkan bisnis anda.

Jika memang tidak ada cara lain untuk menjalankan bisnis anda selain berutang, Hati – hatilah dengan hutang anda. Anda harus tahu cara yang tepat untuk melakukan utang, kenali debitor atau kreditor, cicilan, bunga yang diberikan pada pinjaman uang tersebut. 

Cicilan utang pada bisnis anda dapat mempengaruhi keuangan dan dapat 
memperburuk keadaan bisnis yang sedang anda jalankan. Sehingga, Jika pemasukan dari bisnis yang anda jalankan tidak dapat memenuhi kebutuhan bisnis anda, Diharapakan untuk mengurangi risiko utang pada bisnis anda.

4. Pisahkan Antara Uang Pribadi Dan Uang Usaha

Banyak sekali parapelaku bisnis terutama para pebisnis pemula sering mencampur – campurkan antara uang pribadi dan uang bisnis. Padahal, hal tersebut sangat tidak baik untuk dilakukanketika menjalankan dan mengelola keuangan bisnis anda.  

Pemisahan keuangan antara uang pribadi dan uang usaha harus diterapkan, Hal ini bertujuan agar pengelolaan uang lebih mudah dan lebih mudah mengukur pertumbuhan bisnis. Buatlah rekening khusus yang berbeda dengan rekening pribadi untuk menjalankan bisnis anda.

Jika suatu saat anda meminjam uang dari uang usaha, cata sabgai utang yang harus dikembalikan. Agar tidak mengganggu pengelolaan keuangan bisnis anda.

5. Menentukan Persentase Keuangan

Dalam mengatur keuangan usaha dengan efektif diperlukan target untuk menentukan persentase keuangan yangdialokasikan pada bisnis anda. Menentukan persentase keuangan tersebut diantaranya untuk persentase target laba, operasional bisnis, pengembangan bisnis, dan uang untuk cadangan bisnis anda.

Dalam hal ini semua yang berhubungan dengan keuangan bisnis perlu ditentukan persentase, mulai dari gaji, biaya operasional, target laba, cadangan keuangan dan lainnya. 

Dengan adanya penentukan persentase pengelolaan keuangan bisnis anda lebih tertarget dan sesuai dengan porsi persentase keuangan yang telah ditentukan lebih awal.

6. Merencanakan Pengembangan Bisnis

Dalam menentukan pengelolaan uang terdapat hal mengenai pengembangan bisnis. Pengembangan bisnis sangat diperlukan agar bisnis yang anda jalankan lebih besar dan maju. Untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat menggunakan sebagian uang dari hasil laba atau keuntungan usaha yang anda jalankan. 

Anda diwajibkan menyisihkan sebagian dari keuntungan anda untuk memutar modal bisnis dan mengembangkan bisnis anda, Jangan gunakan keuntungan bisnis untuk hal yang kurang penting dan menghabiskan begitu saja. Jangan jadikan kelangsungan hidup bisnis anda terganggu karena pengelolaan keuangan yang salah.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatur keuangan usaha, Buat kamu para pemilik usaha bisa menerapkan hal tersebut pada bisnis yang anda jalankan.

Pos terkait