Cara Sukses Bernegosiasi Dalam Bisnis, Perlu Anda Tahu!

  • Whatsapp
Cara Sukses Bernegosiasi Dalam Bisnis

Bagaimana sebuah proses negosiasi bisa berhasil? ada banyak faktor tentang cara sukses bernegosiasi dalam bisnis yang bisa kamu terapkan untuk mempermudah proses nego.

Negosiasi adalah proses di mana dua atau lebih pihak dengan kebutuhan dan tujuan yang berbeda dalam membahas suatu masalah untuk menemukan solusi yang dapat diterima bersama.

Dalam bisnis, keterampilan negosiasi penting baik dalam interaksi sehari-hari maupun transaksi formal seperti negosiasi kondisi penjualan, sewa, penyampaian layanan, dan kontrak hukum lainnya. Negosiasi yang baik berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan bisnis, karena mereka:

  • membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik
  • memberikan solusi jangka panjang dan berkualitas daripada solusi jangka pendek yang buruk yang tidak memenuhi kebutuhan salah satu pihak
  • membantu Anda menghindari masalah dan konflik di masa mendatang.
  • Bernegosiasi membutuhkan memberi dan menerima. Anda harus bertujuan untuk menciptakan interaksi yang sopan dan konstruktif yang merupakan win-win untuk kedua belah pihak. Idealnya negosiasi yang sukses adalah di mana Anda dapat membuat konsesi yang tidak berarti bagi Anda, sambil memberikan sesuatu kepada pihak lain yang sangat berarti bagi mereka.
  • Pendekatan Anda harus menumbuhkan niat baik, terlepas dari perbedaan dalam kepentingan partai.

Bernegosiasi Dalam BisnisĀ yang baik yaitu membuat setiap pihak puas dan siap untuk berbisnis satu sama lain lagi. Panduan ini menjelaskan mengapa negosiasi itu penting, dan menguraikan strategi bisnis dan taktik untuk bernegosiasi dengan baik.

1. Keterampilan negosiasi

Negosiator yang kuat menguasai komunikasi tertulis, verbal dan non-verbal. Mereka mengadopsi pendekatan yang sadar dan tegas untuk komunikasi mereka. Negosiator yang baik adalah:

  1. fleksibel
  2. kreatif
  3. sadar akan diri mereka sendiri dan orang lain
  4. perencana yang baik
  5. jujur
  6. berorientasi menang-menang
  7. komunikator yang baik.
  8. Komunikasi tegas

Selama negosiasi, Anda dapat memilih untuk menggunakan gaya komunikasi yang pasif, agresif atau asertif. Menggunakan gaya asertif akan membantu meningkatkan peluang Anda untuk merundingkan hasil yang sukses untuk bisnis Anda.

Komunikator pasif cenderung menggunakan bahasa ambigu, mengadopsi bahasa tubuh yang kurang percaya diri, dan menyerah pada tuntutan terlalu mudah. Komunikator agresif mengambil pendekatan konfrontatif yang cenderung mengasingkan pihak lain dan menghancurkan negosiasi.

Komunikator yang tegas, bagaimanapun, percaya diri dan penuh perhatian. Para komunikator ini lebih cenderung untuk terus berdiskusi dan memfasilitasi hasil yang saling menguntungkan. Mereka mengadopsi nada suara yang kuat dan mantap.

Mereka faktual, bukan emosional atau kritis. Mereka menggambarkan pandangan mereka, memulai kalimat dengan ‘I’, daripada kritik langsung dimulai dengan ‘Anda’.

2. Kiat untuk negosiasi yang efektif

  1. Jangan membingungkan negosiasi dengan konfrontasi – Anda harus tetap tenang, profesional dan sabar
  2. Jangan menjadi emosional – ingat untuk tetap pada masalah, jangan menjadikannya pribadi, dan hindari menjadi marah, bermusuhan atau frustrasi
  3. Jangan menyalahkan pihak lain jika Anda tidak dapat mencapai hasil yang Anda inginkan.
  4. jelaskan apa yang Anda tawarkan dan apa yang Anda butuhkan dari pihak lain
  5. bersiaplah – pikirkan apa yang dibutuhkan pihak lain dari kesepakatan itu, dan ambil pandangan yang komprehensif tentang situasinya
  6. konsisten dengan cara Anda mempresentasikan sasaran, harapan, dan tujuan Anda
  7. mengatur pedoman untuk diskusi dan memastikan bahwa Anda dan pihak lain menempel pada mereka di seluruh proses
  8. menggunakan keterampilan komunikasi yang efektif termasuk bahasa tubuh yang positif
  9. bersiap untuk berkompromi
  10. berusaha untuk solusi yang saling menguntungkan
  11. pertimbangkan apakah Anda harus mencari nasihat hukum
  12. banyak bertanya
  13. perhatikan detailnya
  14. tuliskan sesuatu.

Strategi Bernegosiasi Dalam Bisnis akan tergantung pada siapa Anda bernegosiasi dan jenis hubungan yang Anda miliki dengan mereka. Misalnya, tingkat kerjasama dan minat bersama apa yang ada di antara Anda, dan bagaimana perilaku masing-masing pihak selama negosiasi?

Ini juga akan tergantung pada apa yang Anda negosiasikan, dan kerangka waktu serta pengaturan yang Anda negosiasikan. Memahami minat dan taktik pihak lain merupakan bagian integral dari negosiasi partner bisnis yang baik. Memilih Cara sukses negoisasi bisnis strategi yang paling sesuai dengan minat dan taktik mereka akan membantu Anda mencapai hasil terbaik.

Pos terkait