Hal Yang Harus Dihindari Ketika Menjadi Reseller

2 min read

Hal yang harus dihindari reseller

Menjadi seorang reseller dan dropshipper memiliki banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Bagaimana tidak, saat ini di Indonesia menjadi sasaran para pelaku bisnis baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga persaingan antar penjual semakin ketat dan sulit.

Hal tersebut itulah yang membuat reseller dan dropshiper menemui banyak kendala. Mereka harus putar otak agar mereka bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya. Tapi, masih banyak yang salah langkah ketika menjadi seorang reseller, Berikut Hal yang harus dihindari ketika menjadi seorang reseller.

Produk Bukan Dari Orang Pertama

Hal pertama yang harus dihindari ketika menjadi seoerang reseller adalah produk bukan dari orang pertama atau dari supplier langsung. Pada dasarnya ketika produk bukan dari orang pertama harga yang tertera pasti lebih mahal daripada produk dari supplier langsung.

Bukan hanya masalah harga, Masalah stock produk pun akan lebih sulit diketahui. Sehingga anda harus pintar mengetahui  mengenai supplier anda, apakah supplier asli atau hanya oknum yang mengaku menjadi supplier untuk meningkatkan penjualan. Nah untuk cara menentukan supplier bisa kamu baca.

Tidak Profesional

Ketika menjadi seorang reseller anda wajib bekerja secara profesional, Anda harus menghindari sikap tidak profesional ketika menjadi seorang reseller. Ketika anda tidak bisa bersikap secara profesional anda akan mendapatkan cap negatif dari para pembeli anda.

Bersikap profesional bisa dilakukan dengan sebagaiaman anda bisa tepat dalam mengirimkan barang, waktu dalam merespon pelanggan, menepati janji yang sudah anda lontarkan, dll.

Dengan bersifat profesional anda bisa mendapat image baik dari para pembeli anda, Sebaliknya jika anda tidak bisa bekerja profesional anda akan mendapat image buruk, Itulah yang namanaya strategi bisnis.

Bahkan bisa saja pembeli yang kecewa bisa mempengaruhi pembeli lainnnya untuk tidak membeli di tempat anda. Itulah mengapa para reseller dan dropshipper harus bekerja secara profesional

Respon yang lambat

Nah jika anda menjadi seorang reseller anda harus memiliki respon yang cepat dalam melayani pembeli. Baik dalam membalas chat ataupun yang lainnya. Ketika anda memiliki respon yang lambat anda bisa saja kehilangan pelanggan.

Terkadang para calon pembeli hanya menanyakan masalah keberadaan barang, namun karena anda memiliki respon yang lambat calon pembeli tersebut akan pindah pada tempat yang lain. Maka dari itu respon yang lambat harus dihindari para reseller.

Pelayanan Buruk

Yang menjadi hal yang harus dihindari ketika menjadi penjual maupun reseller adalah pelayanan yang buruk. Jangan sampai pelayanan yang anda gunakan buruk di mata pelanggan.

Misalnya, ketika anda menemukan calon pembeli yang bawel, sebaiknya anda harus melayani dengan senang hati. Karena pada dasarnya calon pembeli yang bawel ingin memastikan produk yang akan dibeli memang dalam keadaan yang diinginkannya. 

Dan sebaiknya ketika anda membalas pertanyaan dari calon pembeli gunakan bahasa yang sopan dan tepat. Tidak menggunakan balasan yang singkat. Karena mereka mengingkan penjelasan mengenai produk.

Layani Dengan sebaik mungkin para calon pembeli anda dengan keramahan dan kesabaran pastinya. Hal itu juga bisa menjadi solusi dan strategi bisnis untuk mengatasi persaingan dengan kompetitor.

Jangan Menebak Keberadaan Stock

Karena anda menjadi seorang reseller anda tidak akn tahu pasti keberadaan stock yang tersedia di supplier. Kamu harus menanyakan pada supplier apakah produk yang akan dijual memiliki banyak stock atau dalam keadaan kosong.

Terutama bagi yang menjual produk best seller, hal ini akan membuat stock pada supplier lebih cepat kosong. Jangan karena menebak keberadaan stock anda harus bermasalah nantinya dengan pembeli. Cukup hindari hal ini ketika anda menjadi seorang reseller.

Itulah sedikit mengenai hal – hal yang harus dihindari ketika menjadi seorang reseller atau dropshipper. Jangan sampai hal diatas menghambat bisnis reseller anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *