Jenis – Jenis Behel Gigi yang Harus kamu Ketahui

  • Whatsapp
Jenis Jenis Behel Gigi

Tahukah kamu mengenai jenis – jenis behel gigi dan Macam Macam Kawat Gigi? Behel gigi memiliki berbagai macam yang saling memiliki perbedaan diantaranya. Mau tahu informasinya? Yuk kepoin..

Behel gigi yang cukup bermacam – macam memiliki perbedaan dari harga behel, harga pasang behel, material, bentuk, cara pemasangannya. Nah buat kamu yang ingin pasang behel sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis – jenis behel yang akan kamu pakai nantinya.

Macam – macam behel gigi yang populer

Umumnya, Terdapat dua jenis behel yang populer dan sering digunakan. Berikut Jenis behel gigi yang umum digunakan.

  1. Behel Permanen.
  2. Behel Lepas Pasang

Ketahui terlebih dahulu mengenai dua jenis behel tersebut, Karena beda jenisnya, beda juga cara pemasangannya. Untuk behel permanen nantinya behel gigi akan dipasang sekali dan akan dapat dilepas setelah gigi sudah rapi.

Sedangkan untuk jenis behel lepas pasang kamu bisa melepas maupun memasang behel kapanpun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jenis – Jenis behel simak informasinya dibawah ini.

Jenis – Jenis Behel Gigi Permanen

Jenis Behel Gigi Permanen
Jenis Behel Gigi Permanen

1. Behel Gigi Metal

Salahsatu Jenis behel gigi permanen yaitu behel metal, Behel gigi metal menjadi behel gigi permanen yang paling populer saat ini. Behel gigi ini terbuat dari baja tahan karat yang bermutu tinggi dan dikombinasikan dengan aplikasi braket metal yang tersambung disetiap gigi yang bertujuan menarik gigi menuju posisi yang benar.

Kelebihan dan keunggulan dari behel gigi ini yaitu harga behel tersebut. Harga behel gigi dan harga pemasangan behel cukup terjangkau dan murah. Kamu juga bisa membuat kustom behel sesuai keinginan kamu.

2. Behel Gigi Ceramic

Jenis behel gigi permanen berikutnya yaitu behel ceramic, Behel ceramic menjadi banyak pilihan karena lebih estetis dan trendy. Behel gigi ini bentuknya transparan serta ukurannya yang lebih besar dari behel lainnya.

Behel gigi ceramic cocok buat kamu yang tidak ingin terlihat mencolok ketika menggunakan behel, Karena bentuknya yang transparan menjadikan behel ini menyerupai warna gigi.

Namun behel ini tidak sekuat behel metal, Jadi sangat tidak disarankan buat kamu yang digunakan untuk merapikan kerusakan gigi yang berat. Jenis behel ceramic ini memiliki harga yang lebih mahal dan membutuhkan perawatan khusus.

3. Behel Gigi Damon

Behel damon atau Self Ligating merupakan jenis behel yang memiliki teknologi lebih canggi dan tersedia dalam bahan metal maupun bahan ceramic. Keunggulan dari penggunaan behel jenis ini yaitu tidak menimbulkan rasa sakit pada pemakainya.

Perawatannyapun lebih mudah dan cepat, Dalam membersihkannya pun cukup dengan menggunakan klip khusus tersebut dan berfungsi untuk mengurangi tekananpada gigi.

4. Behel Gigi Lingual

Jenis behel gigi ini hampir sama dengan behel metal, Hanya saja pemasangan behel ini pada bagian belakang gigi. Bracketnyapun di custom sesuai dengan struktur belakang gigi yang tidak beraturan.

Karena pemasangan behel ini berada dibagian belakang gigi sehingga kawat gigi tidak terlihat dari depan. Cocok buat kamu yang tidak percaya diri ketika memakai behel gigi.

Kekurangan dari penggunaan behel macam ini yaitu pelurusan gigi yang lebih lama, pemasangan behel yang rumit, dan harga behel yang lebih mahal. Untuk yang memiliki gigi yang cukup berantakan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada awal pemasangan behel gigi.

Jenis – Jenis Behel Lepas Pasang

Jenis Behel Lepas Pasang
Jenis Behel Lepas Pasang

1. Behel Gigi Invasalign

Behel invasalign meruapakan jenis behel yang berbentuk seperti cetakan gigi dan berbentuk transparan. Cetakan tersebut bertujuan untuk membantu menggeser posisi gigi sesuai apa yang diinginkan.

Behel jenis ini lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan jenis behel permanen. Umumnya penggunaan behel invasalign diganti setiap dua minggu sekali. Kamu bisa lepas pasan behel tersebut sesuai keinginan kamu.

Warna behel yang transparan cukup membantu kamu yang kurang percaya diri dalam memakai behel. Namun behel jenis ini biasanya memili harga yang lebih mahal daripada behel permanen.

2. Behel Gigi Retainer

Jenis behel ini sering dimanfaatkan untuk menjaga posisi gigi setelah selesai menggunakan behel permanen. Karena kemungkinan setelah penggunaan behel permanen gigi berubah posisi.

Retainer juga sering dipakai untuk anak dalam pencegahan dan perawatan gigi ringan hingga mencegah gingsul. Jenis behel ini sangat ringan, Sehingga penggunaannyapun tidak berasa.

Umumnya penggunan behel retainer hanya boleh dilepas ketika ingin makan, Namun seiring berjalannya waktu kamu diperbolehkan melepasnya kapanpun dan hanya digunakan pada saat malam hari.

Itulah beberapa informasi mengenai macam – macam behel gigi, Kamu bisa memasang behel untuk memperbaiki gigi agar kecantikan kamu bertambah. Sebaiknya untuk pemasangan behel gigi konsultasikan pada dokter atau ahli dalam bidang tersebut.

Pos terkait