Jenis – Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

  • Whatsapp
Jenis - Jenis Kulit Wajah dan Perawatan

Jenis – Jenis Kulit Wajah : Tips dan Cara Perawatannya – Merawat kulit wajah tentunya gak boleh asalan karna kulit memiliki berbagai jenis bisa–bisa hasil yang didapat tidak sesuai dengan harapan.

Sebelum Anda menggunakan produk dan merawat kulit ada baiknya kenali dulu jenis kulit yang Anda miliki. Kenapa kita harus mengenali jenis kulit? Karna manusia memiliki jenis–jenis kulit yang berbeda dan setelah mengetahui jenis kulit mana yang kita miliki, kita akan tau bagaimana cara untuk merawatnya. Secara garis besar kulit dibedakan menjadi 5 yaitu Normal, Kering, Berminyak, Sensitif, dan Kombinasi.

Jenis - Jenis kulit pada Wajah

Tentunya masing–masing jenis kulit tersebut memiliki jenis perawatan yang berbeda. Yuk kenali jenis kulit wajah dan cara merawatnya :

1.Kulit Normal

Buat Anda yang memiliki kulit satu ini, Anda sangat beruntung karena Kulit normal merupakan jenis kulit yang mudah perawatanya. Kelenjar minyak yang dimiliki kulit normal biasanya tidak bandel, karena minyak yang dikeluarkan seimbang, tidak berlebihan ataupun kekurangan.

Ciri – ciri dari kulit normal yaitu memiliki  kelembaban kulit yang selalu terjaga, segar, bercahaya, lembut, pori-pori kulit nyaris tidak terlihat, tidak kusam dan produksi minyak pada kulit masih terbilang wajar.

Kulit jenis ini memang jarang mengalami masalah dengan kulit misalnya wajah ketiput teratasi namun meskipun begitu Anda harus tetap menjaga dan merawatnya agar selalu bersih, kencang, segar dan tentunya untuk menghindari masalah kulit.

2. Kulit Kering

Kulit kering merupakan salah satu kulit yang merepotkan pemiliknya pasalnya kelenjar minyak pada kulit kering tidak berproduksi secara baik, sehingga kulit tidak mampu mempertahankan kelembabannya yang mengakibatkan kulit tampak tidak segar dan cenderung telihat kusam.

Ciri – ciri umum kulit kering yaitu kulit wajah tampak kusam, tidak elastis, mudah bersisik, dan garis wajah terlihat jelas. Kulit ini mudah mengalami keriput, iritasi, dan peradangan.

Kondisi kulit kering dapat menjadi lebih buruk apabila sering terkena angin, perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya. Merawat kulit kering memang harus telaten. Rajin minum air putih secukupnya, kurangi mandi dengan menggunakan air panas, pilihlah sabun yang memiliki kandungan ringan, dan rajin memakai krim pelembab.

3. Kulit Berminyak

Berbeda dengan kulit kering, kelenjar minyak pada kulit berminyak sangat berproduksi hingga tidak terkontrol jumlah minyak yang dikeluarkan dan biasanya terjadi pada dahi, dagu dan hidung. Hal ini disebabkan karena faktor genetik, pubertas, stres maupun faktor makanan, minuman dan lingkungan.

Ciri – ciri kulit berminyak yaitu wajah terlihat mengkilat, pori–pori terlihat besar, mudah berjerawat dan kosmetik mudah luntur. Merawat kulit berminyak juga harus telaten, cuci wajah min 2x sehari, untuk menghilangkan minyak Anda bisa membersihkannya dengan tisu atau kertas penyerap minyak. Merawat kulit berminyak bukan berarti membuat kulit bebas dari minyak karena minyak pada kulit tetap dibutuhkan sebagai pelindung alami dari sinar UV, bahan kimia kosmetik, dan polusi udara. Cukup menjaga agar kadar minyak tetap seimbang dan kulit tetap dalam keadaan bersih.

4. Kulit Sensitif

Kulit sensitif umumnya sangat peka terhadap hal – hal yang bisa mengakibatkan alergi. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi kulit yang tipis, pembulu darah kapiler dan saraf terletak sangat dekat dengan permukaan kulit sehingga jika terkena allergen reaksinya akan sangat cepat. Kulit jenis ini sulit untuk diamati secara langsung, untuk mengetahuinya secara pasti diperlukan pemeriksaan dalam tes alergi – imunologi dengan bantuan dokter kulit atau dermatolog.

Ciri – ciri umum kulit sensitif yaitu mudah alergi, mudah iritasi dan terluka, tekstur kulit tipis, dan kulit tampak kemarah – merahan. Sebenarnya, merawat kulit ini tidak ribet kok. Selalu pakai tabir surya untuk menangkal radiasi sinar UV, pastikan memakai pelembab dan produk kecantikan yang cocok, bersihkan wajah sebelum tidur. Yang terpenting yaitu mencegah dan melindungi kulit agar tidak alergi atau iritasi.

Faktor – faktor yang dapat menyebabkan allergen untuk kulit sensitif diantaranya yaitu makanan pedas, kafein, nikotin, minuman beralkohol, kandungan parfum dan pewarna dalam kosmetika, sinar UV dan gangguan stres.

5. Kulit Kombinasi/Campuran

Kalau kamu memiliki kulit wajah yang kering dan berminyak, itu termasuk kedalam jenis kulit kombinasi. Hal ini terjadi karena kadar minyak pada wajah tidak tersebar merata. Pada bagian tertentu kadar minyak sangat aktif sedangkan pada bagian lain tidak.

Ciri – ciri pada kulit kombinasi yaitu pada bagian tertentu  wajah memproduksi minyak sangat aktif, sedangkan area lain normal atau bahkan kering. Merawat kulit jenis ini juga perlu perawatan kombinasi. Kamu bisa menggunakan masker dengan bahan sesuai untuk kedua jenis kulit tersebut

Bagaimana, sudah tau donk apa saja jenis-jenis kulit wajah. Yuk cari tau dari sekarang jenis – jenis kulit mana yang Anda miliki agar tidak salah dalam melakukan perawatan. Demikian artikel seputar 5 Jenis Kulit Wajah. Semoga menambah wawasan bagi pembaca.

Pos terkait