Mainan Edukasi Anak Umur 2 – 3 Tahun

  • Whatsapp
Mainan Edukasi ANak

Mainan Edukasi Anak : Rekomendasi Mainan asah Otak Anak usia 2 – 3 Tahun – Ketika usia anak 2 – 3 tahun mereka mulai suka bermain mainan, Bermain sendiri merupakan kegiatan yang sangat penting untuk anak. Tujuan mainan edukatif anak adalah pada usia tersebut rasa penasaran dan ingin tahunya semakin tinggi.

Maka dari itu para orang tua ketika memberikan mainan sebaiknya pilihlah mainan edukatif yang mengasah otak sang anak, Agar perkembangan otaknya semakin baik.

Mainan edukatif juga sangat bermanfaat untuk perkembangan jiwa anak dan bisa melatih kecerdasan emosionalnya, Itulah mengapa pentingnya memberikan anak mainan yang mengandung pembelajaran daripada memberikan mainan yang kurang edukatif. Nah berikut ini beberapa mainan edukatif untuk anak 3 tahun.

Mainan Edukatif Anak
Mainan Puzzle

1. Bongkar Pasang (Puzzel)

Mainan edukasi anak 2 – 3 tahun yang pertama adalah puzzle, Mainan ini sangat bermanfaat bagi anak terutama untuk perkembangan motorik dan sensorik sang anak

Mainan ini menjadi salah satu pilihan banyak orang tua untuk memberikan mainan pada anak mereka. Mainan ini mengajarkan cara menyusun kembali potongan-potongan puzzle menjadi satu bentuk gambar yang utuh.

Karena mainan puzzel ini memiliki tingkatan kesulitan, sebaiknya berikan puzzel yang sesuai tingakatan usia anak anda, seperti dengan menggunakan puzzel yang berukuran kecil terlebih dahulu.

2. Menggambar dan Mewarnai

Mainan Asah Otak Anak
Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai menjadi salah satu mainan edukasi anak yang bisa orang tua lakukan. Dengan menggambar dan mewarnai anak akan mengekspresikan apa yang mereka inginkan pada gambar dan pewarnaan.

Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kecerdasan dan edukasi sang anak. Imajinasi dan kekreatifan anak akan muncul ketika mereka sedang menggambar dan mewarnai. Tentunya Permainan edukatif sangat bermanfaat bagi perkembangan anak.

3. Kotak Alfabet

Mainan Edukasi Anak usai 2 - 3 tahun
Alphabet Box

Kotak alfabet menjadi salah satu rekomendasi mainan edukasi anak, Mainan ini bertujuan agar anak mengenal dan mengetahui huruf-huruf alfabet mulai dari huruf A – Z.

Terkadang kotak alfabet juga dilengkapi dengan anka dari 0 – 9, Maianan ini tentunya sangat baik untuk kecerdasan sanag anak. Dengan menggunakan mainan ini sang anak akan lebih banyak tahu mengenai angka dan huruf.

4. Mainan Balok Kayu

Mainan Menyusun Kata Anak

Hampir sama dengan kotak alfabet, Mainan balok kayu ini bermanfaat untuk sang anak mengetahui berbagai macam bentuk seperti persegi, lingkaran, segitiga atau bentuk lainnya.

Dengan permainan ini tentunya anak akan dilatih untuk mengenal dan mengetahui berbagai macam bentuk. Dengan begitu anak lebih cepat tahu dengan mainan edukasi tersebut.

5. Menyusun Kata

Mainan Edukatif Anak

Jika anak anda sudah mengenal huruf, anda bisa memberikan mainan edukatif ini, Mainan ini sangat berguna untuk menambah kosa kata dan pengetahuan anak. Ajarlah anak untuk menyusun dan membuat kosa kata yang belum diketahui sang anak.

Anak juga dapat dengan lancar berbicara dan bisa merangsang daya ingatnya mengenai kosa kata baru yang telah dibentuk dan ajarkanoleh orang tua dengan mainan tersebut. Peran orang tua sangat penting dalam mainan edukatif anak ini.

Itulah beberapa contoh mainan edukasi anak yang bisa diberikan pada anak usia 2 – 3 tahun, Tentunya mainan tersebut akan membantu proses tumbuh kembangnya.

Pos terkait