Mengatasi Persaingan Harga Antar Kompetitor

  • Whatsapp
Mengatasi Persaingan Harga

Tips Mengatasi Persaingan Harga Antar Kompetitor Bisnis – Saat ini persaingan harga antara para penjual semakin marak, mereka rela menurunkan harga demi meningkatkan penjualan mereka. Hal tersebut muncul karena banyaknya pelaku bisnis yang saling bersaing. Sehingga cara terbaik untuk bersaing adalah dengan menurunkan harga.

Untuk para pebisnis atau para reseller pemula cukup sulit untuk berkembang karena adanya persaingan harga antar penjual. Karena semakin murah produk maka semakin tinggi pula ketertarikan konsumen. sehingga tak ayal lagi bahwa berkembang dalam bisnis penjualan cukup sulit. Kecuali memang memiliki kemampuan strategi marketing yang tepat.

Nah dalam mengatasi persaingan harga dibutuhkan strategi marketing yang tepat, Berikut Tips Mengatasi Persaingan Harga Antar Penjual. Mari Simak,

Strategi Dan Tujuan Yang Tepat

Tips mengatasi persaingan harga yang pertama ialah memiliki strategi dan tujuan yang tepat.

Tentukan jenis strategi yang akan diterapkan pada bisnis penjualan anda. Pikirkan apa saja strategi yang harus diterapkan agar persaingan harga dapat diatasi. Jangan hanya berdiam diri melihat tidak ada satupun produk terjual karena persaingan harga.

Tujuan dalam hal ini adalah mengenai fokus anda dalam berjualan, Apakah anda mempunyai tujuan menjual produk sebanyak – banyaknya, Mengeruk laba sebesar – besarnya, atau hanya ingin menjual produk saja tanpa harus memikirkan besar kecil penjualan dan laba.

Hal ini sangat penting untuk diterapkan dalam membangun sebuah bisnis penjualan, terutama bagi para reseller yang tidak memiliki produk sendiri, yang tentunya harus pintar dalam menentukan harga dan laba yang didapatkan dari menjadi seorang reseller.

Strategi Marketing Dalam Penjual

Untuk menghadapi para kompetitor bisnis dibutuhkan strategi marketing yang harus ditetapkan dalam penjual. Strategi marketing dapat berupa beriklan di sosial media, mempromosikan produk sebaik mungkin, Media promosi yang menarik, dll.

Dalam contoh strategi marketing dengan penerapan mengiklan di facebook atau dikenal dengan FB Ads, Dengan memanfaatkan fitur beriklan di facebook anda bisa mempromosikan produk anda. Dengan mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah anda bisa menjangkau ratusan bahkan ribuan orang. Dengan memiliki strategi marketing yang tepat anda bisa mengatasi persaingan harga antar Kompetitor.

Sebaiknya dalam menerapkan strategi marketing anda memang harus benar benar mengetahui strategi marketing yang anda terapkan. Jangan sampai karena strategi marketing yang salah anda akan mengalami kerugian.

Pelayanan Terbaik

Untuk mengatasi kompetitor yang menurunkan harga yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayan terbaik ini bisa berupa bagaimana anda melayani calon pembeli anda, seberapa cepat respon yang anda berikan kepada pembeli, dan bagaima anda dapat memberikan ketertarikan calan pembeli dengan pelayanan anda.

Yang terpenting adalah mengenai kecepatan respon pelayanan. kecepatan respon dalam artian sebagaimana cepat anda melayani atau membalas chat dari calon pembeli.

Terkadang calon pembeli hanya menanyakan soal ketersedian barang, jika anda tidak segera melayani calon pembeli tersebut dengan cepat maka kemungkinan calon pembeli tersebut akan berpindah pada penjual lainnya. Disini sangat penting untuk  menjaga kecepatan respon agar dapat bersaing dengan kompetitor yang menurunkan harga.

Bukan hanya respon yang cepat, keramahan dan kesabar harus diterapkan. Terkadang pembeli tidak paham mengenai penjelasan produk dan menanyakan pada anda. jawablah dengan keramahan dan sabar walaupun pembeli banyak tanya, agar pembeli lebih antusias pada produk tersebut.

Kenali Kompetitor 

Untuk dapat bersaing anda harus mengenali kompetitor anda, Ketahui mengenai strategi marketing mereka selaing menerapkan persaingan harga. Dengan menegetahui strategi marketing kompetitor anda bisa melakukan  teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Dengan teknik ATM itulah anda bisa mengetahui bagaimana anda bisa mengalahkan para kompetitor. Yang tentunya strategi marketing yang  anda terapkan jauh lebih berkembang dari kompetitor anda.

Pemberian Sistem Dan Fasilitas Yang Berbeda Dengan Kompetitor

Berikan sistem dan fasilitas yang berbeda dengan kompitor agar anda dapat bersaing harga dengan kompetitor yang dengan seenaknya menurunkan harga.

Pemeberian fasitias ini dapat berupa adanya fasilatas jaminan return atau pengembalian barang. Dengan adanya fasilitas ini penjual akan lebih memilih membeli ditempat anda daripada membeli ditempat lainnya.

Bukan hanya fasilitas jaminan return, anda bisa menerapkan sistem gratis Onkos kirim dengan persyaratan minimu pembelian. Dengan setidaknya menerapkan 2 fasilatas diatas anda bisa lebih unggul daripada penjual lainnya yang menurunkan harga yang tidak terlalu jauh dari harga yang ditetapkan oleh anda.

Buatlah Produk Semenarik Mungkin

Untuk Mengatasi persaingan harga yang terapkan oleh kompetior anda bisa membuat produk lebih menarik dari kompetitor. Dengan membuat produk semakin menarik, akan banyak calon pembeli yang akan datang pada anda walaupun produk yang disedikan oleh kompetior sama dan memiliki harga yang lebih murah.

Membuat produk semakin menarik bisa dengan mengubah tampilan, kemasan, varias warna, dll. Namun buat anda yang menjadi seoarang dropshipper atau reseller akan sulit untuk menerapkan hal ini.

Penawaran Terbaik

Dengan adanya penawaran terbaik yang diberikan kepada pembeli anda bisa mengalahkan persaingan harga anda dengan kompetitor. Anda bisa menerapkan penawaran pada toko atau lapak anda.

Pemberian Penawaran bisa berupa pemberian voucher diskon, cashback, sistem beli 2 gratis 1, sistem beli 2 lebih hemat, dll. dengan adanya penawaran ini anda bisa lebih unggul dari para kompetitor yang melakukan persaingan harga.

Namun penerapan adanya penawaran terbaik ini harus dibarengi dengan strategi marketing yang tepat, jangan sampai rugi karena menerapkan adanya penawaran pada toko atau lapak anda.

Bangun Brand

Untuk membangun brand cukup sulit dilakukan oleh reseller atau dropshipper. Sebaiknya penerapan pembangunan brand dilakukan oleh produsen. Namun tidak ada salahnya bisnis reseller melakukan membangun brand. Namun balik lagi produk yang akan dibangun imagenya bukan produk anda sendiri.

Untuk para reseller atau dropshipper bisa melakukan branding pada toko online atau olshop milik anda sendiri. Hal ini lebih efektif untuk membuat toko online anda bisa lebih dikenal. Semkain dikenal maka tinngkat penjualan bisa lebih tinggi, Dengan begitu anda bisa melawan kompetitor yang bermain dengan harga.

Pos terkait