Persiapan Sebelum Tes Interview Kerja Yang Wajib Kamu lakukan

  • Whatsapp
Persiapan Sebelum Tes Interview

Persiapan sebelum tes interview menjadi keharusa dan wajib bagi calon karyawan yang akan menghadapi wawancara kerja. Proses interview kerja sendiri merupakan proses atau tahap rekrutmen terakhir untuk mendapatkan karyawan.

Perlu diketahui, Hasil dari tes interiew tersebut akan menentukan bagaimana nasib kamu menjadi pelamar. Maka dari itu persiapkan dengan sebaik mungkin sebelum menghadapi tes interview tersebut.

Untuk menghindari kesalahan fatal interview anda perlu menyiapkan beberapa hal, salahsatunya yaitu mengenai pengetahuan dan mental kamu. Nah berikut ini sedikit informasi mengenai persiapan sebelum tes interview. Apa saja? yuk simak.

Persiapan Sebelum Tes Interview

Latihan Interview Memperkenalkan Diri

Persiapan awal sebelum tes interview yang bisa kamu lakukan adalah latihan memperkenalkan diri. Kamu bisa melatih diri kamu untuk dapat melewati tahap tes interview wawancara kerja tersebut dengan latihan memperkenalkan diri kamu dengan baik.

Perkenalan diri menjadi point utama dalam interview, Buatlah pewawancara menjadi antusias saat kamu memperkenalkan diri kamu dihadapan pewawancara.

Latihan memperkenalkan diri akan membuat kamu tenang dan tidak merasa gugup saat menghadapi interview. Kamu bisa melakukan persiapan ini dengan menghadap cermin dan memulai berbicara memperkenalan diri.

Berlatih menjawab Pertanyaan Interview Yang Mungkin Muncul

Persiapan sebelum interview yang bisa kamu lakukan lainnya yaitu berlatih menjawab pertanyaan. Banyak sekali informasi mengenai peranyaan yang sering dikeluarkan oleh pewawancara. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai pertanyaan interview berikut.

Kamu bisa menekan link pada teks bewarna biru pada teks diatas untuk mendapat sedikit informasi mengenai pertanyaan interview yang sering diajukan pewawancara.

Cobalah untuk berlatih agar diri kamu bisa tenang dan tidak gugup dalam menghadapi berbagai macam pertanyaan yang diajukan saat interview. Persiapan sebelum interview sangat membantumu nantinya.

Menggali Informasi Perusahaan

Adakalanya nanti kamu ditanya mengenai pengetahuan anda mengenai perusahaan yang anda lamar. Ketika anda sudah menggali informasi tentang perusahaan mempersiapkan hal tersebut saat interview maka anda bisa melaluinya dengan baik.

Informasi yang bisa kamu cari adalah latar belakang dan misi perusahaan, bidang perusahaan, dan tentang perkembangan perusahaan. Kamu bisa mencari informasi tersebut dari situs resmi perusahaan tersebut atau mencari informasi dari rekan atau keluarga yang telah bekerja di perusahaan tersebut.

Cari Tahu Job Desc atau Pahami Posisi yang Hendak Dilamar

Poin ini cukup penting dan harus kamu persiapkan sebelum interview, Mengetahui job desc atau posisi menjadi hal terpenting terutama buat pelamar yang melamar kerja asal -asalan untuk mencari kerja.

Ketika kamu bisa tahu mengenai job desc pada perusahaan tersebut maka kamu akan tahu pekerjaan apa yang akan kamu lakukan. Hal tersebut akan membuat kamu mendapat nilai plus dimata pewawancara, Karena kamu dianggap tahu dan paham akan posisinya kelak ketika diterima menjadi karyawan.

Mempersiapkan Penampilan untuk Interview

Hal yang pertama kali dilihat saat memasuki ruangan interview oleh pewawancara adalah penampilan. Ada pepatah mengatakan penampilan adalah cerminan dari kepribadian. Itulah mengapa mempersiapkan penampilan sangat penting sebelum interview.

Penampilan disini bisa berupa Merencanakan Pakaian untuk Wawancara, gaya rambut, dll. Sebaiknya pelamar kerja berpakaian rapi, sopan, dan formal.

Persiapan Waktu dan Kesehatan

Waktu menjadi hal terpenting yang harus disiapkan sebelum interview, Jangan sampai kamu menyepelekan dan menyia-nyiakan waktu. Ketika kamu telat satu menit saat interview, Kamu akan mendapat kesan buruk dihadapan pewawancara dan ini akan membuatmu gagal dalam interview.

Kamu juga harus memperhatikan kesehatan kamu, Jangan karena kamu tidak bisa menjaga kesehatan kamu sakit saat hari H interview. Sehingga kamu harus kehilangan kesempatan hanya karena sakit.

Kesimpulan :

Selama menunggu panggilan kerja atau untuk Interview kamu bisa mempersiapkan beberapa hal sebelum tes interview. Kamu bisa berlatih untuk bisa berhasil menghadapi tes interview tersebut.

Pos terkait