Pertanyaan Interview Wawancara Kerja Dan Cara Menjawabnya

  • Whatsapp
Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Salah satu tantangan tersulit dalam melamar sebuah pekerjaan adalah proses wawancara kerja, Adanya Pertanyaan Interview Kerja menjadi kendala bagi kandidat calon karyawan. Proses inilah yang cukup menentukan apakah calon karyawan diterima kerja atau tidak.

Dengan adanya interview kerja, Pihak perusahaan akan tahu mengenai bagaimana kualitas calon karyawan. Maka dari itu, kamu para calon karyawan harus mempersiapkan yang terbaik dengan mengetahui beberapa Pertanyaan Interview Kerja Yang Sering Muncul dan ditanyakan HRD Saat Wawancara Kerja Dan Tips cara Menjawabnya

Muat Lebih

Pertanyaan Interview Kerja
Proses Interview Kerja

1. Bisakah Anda menceritakan soal diri Anda?

Peratanyaan interview yang paling sering ditanyakan oleh HRD pertama kali adalah mengenai perkenalan diri kamu. Disini kamu disuruh untuk bercerita mengenai seluk beluk kamu dan tentang siapa kamu.

Kuncinya dalam menjawab pertanyaan ini jangan terlalu berfokus pada CV yang sudah kamu buat sebelumnya, Melainkan berikan sebuah informasi yang lebih luas mengenai siapa diri kamu. Buatlah pewawancara terkesan pada anda dengan memberikan pencapaian terbaik, Kelebihan dan keunggulan yang berada pada diri kamu.

Pertanyaan Interview wawancara kerja ini tergolong cukup mudah, Karena pada sesi pertanyaan ini jawabannya mengenai semua tentang diri kamu, Sehingga kamu akan tahu apa saja dan banyak yang harus kamu jawab pada pertanyaan tersebut.

2. Apa Keahlihan, Kelebihan, Dan Prestasi Anda?

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD saat interview kerja adalah mengenai keahlihan dan kelebihan. Dengan adanya pertanyaan ini, Pihak perusahaan akan mengetahui mengenai seberapa besar kemampuan dan keahlihan yang kamu miliki.

Jelaskan pada pewawancara atau HRD mengenai keahlihan dan kelebihan yang kamu miliki dan segala pencapaian prestasi terbaik. Jawablah pertanyaan interview tersebut dengan sebaik dan seakurat mungkin tanpa harus dibumbui kebohongan atau mengada-ada.

Kuncinya Jawan Pentanyaan Wawancara Kerja ini Yaitu, Jelaskan kelebihan yang kamu miliki dan tentunya berhubungan dengan posisi kerja yang sedang kamu lamar atau incar saat itu. Hal tersebut akan menjadi sebuah nilai plus dalam proses interview kerja.

3. Apa Pengalaman Kerja Sebelumnya?

Pertanyaan Interview kerja berikutnya adalah mengenai Pengalaman kerja atau karir kamu sebelumnya. Untuk kamu yang masih baru lulus atau fresh graduate atau, Pertanyaan ini mungkin tidak akan dipertanyakan. Namun jika kamu mempunyai pengalaman bekerja baik menjadi seorang freelancer atau yang lainnya poin pertenyaan ini cukup penting.

Jika pertanyaan ini muncul dan anda belum pernah bekerja, Anda bisa menjawab dengan dengan sopan dan menjelaskan bahwa anda belum pernah bekerja. Namun jika anda memiliki pekerjaan walaupun anda seorang fresh graduate ini menjadi nilai plus bagi diri kamu.

Jika kamu mempunyai pengalaman pekerjaan, Ceritakan mengenai pengalaman kamu pada perusahaan sebelumnya. Jelaskan mengenai posisi kerja, bagaimana kamu bisa bekerja sama dengan rekan kerja dan pencapaian atau keberhasilan yang didapat di perusahaan kamu bekerja sebelumnya.

4. Alasan Anda melamar di Perusahaan Kami?

Alasan melamar pekerjaan pada perusahaan menjadi salah satu pertanyaan saat interview kerja. Tujuan dari pertanyaan ini untuk mengetahui tujuan tentang calon karyawan, Mengetahui apakah calon karyawan memiliki minat yang tinggi untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

Jawablah pertanyaan itu dengan sebaik mungkin, jelaskan mengenai alasan kamu melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut. Kuncinya jawablah pertanyaan dengan tenang, jangan jadikan gaji yang besar menjadi alasan melamar pekerjaan tersebut.

5. Seberapa baik Anda mengenal perusahaan kami?

Pertanyaan interview ini kemungkinan akan muncul, Kamu harus bisa atau setidaknya mengerti mengenai perusahaan yang sedang kamu lamar. Sehingga saat pernyaan tersebut diajukan kamu bisa menjawab pertanyaan yang diajukan tersebut.

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut kamu dapat memperoleh informasi tentang perusahaan melalui website milik perusahaan atau mencari informasi dari para pekerja di perusahaan tersebut.

Ketika kamu mendapatkan pertanyaan ini, Jawablah sesuai dengan apa yang kamu tahu mengenai perusahaan yang kamu lamar.

6. Apa Kelemahan Dan Kekurangan Anda?

Setiap orang pasti mempunyai kelemahan dan kekurangan, Jangan malu untuk menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan interview ini menjadi salah satu pertimbangan perusahaan nantinya dalam menerima karyawan.

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur namun secara strategis, Misalnya jika kamu merupakan orang yang baru masuk dunia kerja. Jelaskan bahwa meskipun kamu adalah fresh graduate yang baru masuk dunia kerja, kamu memiliki semangat dan passion yang tinggi dalam bekerja.

Tips : jangan sampai kamu grogi ketika kamu menjelaskan mengenai kemampuan, Hal tersebut akan memberikan kesan yang kurang baik karena kamu dianggap kurang mampu dalam menjelaskan kemampuan kamu sendiri, Hilangkan rasa grogi dan jawab pertanyaan tersebut dengan sebaik mungkin.

7. Mengapa Memilih Posisi Ini?

Posisi atau kedudukan pekerjaan menjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja, Jelaskan mengapa kamu memilih posisi tersebut untuk menjadi pekerjaan kamu. Cobalah untuk menceritakan jika kamu memang benar – benar serius terhadap posisi tersebut.

Jelaskan bahwa kamu memiliki kemampuan yang sangat mendukung posisi pekerjaan tersebut. Buatlah diri kamu pantas mendapatkan posisi pekerjaan tersebut dengan menjelaskan mengenai alasan kamu memilih posisi kerja tersebut.

8. Berapa Besar Gaji Yang Anda Inginkan?

Pertanyaan interview kerja berikutnya mengenai berapa besar gaji yang diinginkan calon karyawan. Kamu bisa mengajukan gaji sesuai dengan pekerjaan yang didapatkan atau sesuai UMP/UMR tempat kamu bekerja.

Namun jika anda merasa bisa mendapatkan gaji yang lebih dari upah UMR atau gaji pokok perusahaan tersebut kamu bisa mengajukannya. Namun kamu harus bisa menjelaskan alasan mengapa kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih dari gaji pokok perusahaan tersebut.

Kamu bisa mengajukan gaji yang lebih dengan mentukan range gaji yang masuk akal dan sesuai, penentuan hal tersebut bisa berdasarkan pada pendidikan, pengalaman dan skill yang kamu miliki. Dan sebaiknya kamu bisa membuat sang HRD bisa diajak untuk bernegoisasi mengenai Gaji.

9. Apa Rencana Anda Dalam Waktu Dekat?

Pertanyaan interview selanjutnya adalah mengenai rencana dalam waktu dekat. Dalam hal ini bisa berhubungan dengan status kamu saat itu. Terkadang pertanyaan ini berhubungan dengan rencana menikah jika kamu belum menikah atau Rencana memiliki anak untuk yang berkeluarga.

Kuncinya kamu bisa menjelaskan atau menjawab bahwa belum bisa menentukan dan memastikan apa yang akan dilakukan ke depan nantinya. Tapi memiliki rencana itu selalu ada dan tidak dapat ditentukan begitu saja. Tapi kamu harus mampu menjelaskan bahwa kamu lebih memprioritaskan pekerjaan kamu.

10. Ada pertanyaan yang ingin Anda ajukan?

Dalam pertanyaan interview ini biasanya merupakan pertanyaan terakhir yang diajukan HRD, Kamu harus bisa menggali informasi mengenai pekerjaan, posisi pekerjaan, Perjalanan atau perkembangan perusahaan, dan fasilitas yang akan didapatkan.

Galilah pertanyaan yang bisa membuat anda bisa mengenal lebih jauh mengenai perusahaan yang anda lamar.

Itulah beberapa Pertanya Interview Kerja yang sering ditanyan oleh HRD. Disarankan kamu untuk bisa tampil dengan semaksimal mungkin saat Tes Interview Kerja. Hindari bertingkah seolah kamu gugup dan tidak percaya diri, Hilangkan Rasa Takut pada diri kamu. Hal tersebut bisa menurunkan elektabilitas kamu dihadapan pewawancara.

Beberapa pertanyaan yang muncul dari kamu :

Apa saja standard pertanyaan interview kerja?

Tidak ada pertanyaan standard interview, Contoh diatas merupakan pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pihak HRD.

Bagaimana menjawab pertanyaan interview yang sulit?

Didalam artikel ini sudah dijelaskan tips menjawab pertanyaan interview. Kamu bisa menggunakan sedikit cara menjawab pertanyaan dengan mengembangkan contoh jawaban tersebut.

Pos terkait